Free HTML Hit Counter

Saturday, August 24, 2013

PENGANEKARAGAMAN PANGAN


Pertanian dalam arti sempit hanya mencakup sektor hasil tani, sedangkan pertanian dalam arti luas mencakup hasil tani, hasil ternak, hasil ikan, beserta hasil olahan produk tani. Sedangkan pangan mencakup makanan dan minuman , hasil tanaman, ternak, dan ikan, baik dalam bentuk primer maupun olahan.


Kekurangan gizi karena ketidakmampuan mengakses pangan akibat rendahnya daya beli dapat menyebabkan rendahnya derajat kesehatan. Kondisi yang seperti ini menandakan bahwa penganekaragaman pangan adalah hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Diversivikasi pangan oleh masyarakat diartikan hanya terbatas pada penganekaragaman bahan makanan pokok, sebenarnya tidak hanya mengenai keanekaragaman jenis bahan makanan saja, tetapi juga keanekaragaman macam masakan yang dihidangkan.

 
Dengan mengkonsumsi pangan yang beraneka ragam kekurangan zat gizi dari suat pangan dapat ditutupi oleh kelebihan zat gizi dari pangan lain sehingga tercapainya keseimbangan zat gizi dalam tubuh. Selain itu dengan adanya kesadaran akan penganekaragaman pangan ketergantungan terhadap satu jenis pangan tertentu dapat dicegah, dalam segi makro juga dapat menujang tercapainya swasembada pangan sehingga Indonesia makmur dan sejahtera.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan ke blog mari belajar, Kunjungi juga blog berikut ini. terima kasih.