Free HTML Hit Counter

Saturday, August 24, 2013

11 Fungsi Manajemen SDM


Menurut Barthos (1990), fungsi-fungsi pokok manajemen umumnya meliputi  fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi personalia. Fungsi-fungsi manajemen biasanya meliputi planing (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penerapan), controlling (pengontrolan). Fungsi-fungsi personalia meliputi recruitment (penarikan pegawai), procurement, development (pengembangan), compensation (kompensasi), integration (pengintegrasian) , maintenence (pemeliharaan), dan separation (pemberhentian).  Berikut merupakan penjelasan fungsi- fungsi Manajemen Sumberdaya Manusia antara lain : 

            1.  Perencanaan
Merupakan serangkaian tindakan untuk mencapai sesuatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.
            2.  Pengorganisasian
Kegiatan mengorganisasian karyawan dengan menetapkan bagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi serta koordinasinya dalam bagian organisasi.
            3.  Pengarahan
Pengarahan adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan agar mereka mau bekerja sama dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan.
            4.  Pengendalian
Mengendalikan semua karyawan agar mentaati semua peraturan-peraturan perusahaan.
           5.  Pengadaan
Pengadaan adalah proses menentukan penarikan atau kebutuhan tenaga kerja, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
           6.  Pengembangan
Pengembangan merupakan proses peningkatan keterampilan teknis dan teoritis, konseptual dan moral karyawan melalui pendidikan serta pelatihan agar karyawan dapat menjalankan tugas dengan baik.
           7.  Kompensasi
Pemberian penghargaan yang adil dan layak baik secara langsung maupun tidak langsung, berupa uang ataupun barang kepada karyawan sebagai imbalan jasa yang diberikan perusahaan kepada karyawan.
           8.  Pengintegrasian
Kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan.
           9.  Pemeliharaan
Pemeliharaan merupakan kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan kesetiaan agar mereka mau bekerja sampai pensiun agar tercapai tujuan perusahaan.
          10. Kedisiplinan
Kedisiplinan merupakan keinginan dan kesadaran untuk mentaati norma-norma sosial serta peraturan-peraturan perusahaan.
          11. Pemberhentian
Pemberhentian merupakan putusnya hubungan kerja seseorang dari suatu perusahaan disebabkan oleh keinginan karyawan, perusahaan, kontrak kerja, ataupun pensiun.

Fungsi-fungsi manajemen dan fungsi personalia diatas secara sepenuhnya dapat dilakukan pada tingkat perusahaan dengan personel manajemen, tetapi pada tingkat makro fungsi-fungsi manajemen tersebut tidak semuanya dapat dipakai.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan ke blog mari belajar, Kunjungi juga blog berikut ini. terima kasih.